Jumat, 01 April 2011

Di Dusun


KENANGAN MASA KECIL

Dusun Indramayu dan Padang Bindu kecamatan Tanjung Agung kabupaten Muara Enim adalah desa dimana ibunda dan ayahanda di lahirkan. Desa tersebut terletak diantara dua desa lainya, Sugiwaras, dan Bedegung.

Beberapa puluh tahun yg lalu ketika Nenek, orang tua dari ibunda dan ayahanda masih hidup, kami sekeluarga masih sering pulang kampung. Mandi di sungai enim dengan airnya yang jernih dan bebatuan 

yang masih banyak menghiasi sungai tersebut adalah kesenangan yang sering kami lakukan apabila pulang kampung. 
Kadang-kadang kami sengaja membawa nasi dan lauk pauk untuk makan diatas bebatuan sungai tersebut. Setelah perut kenyang kami langsung mandi di sungai dan pulang dengan badan menggigil kedinginan.

Malam hari dengan udara yang sangat dingin dan suara air sungai yg masih terdengar dari rumah nenek, adalah malam malam yang sangat menyenangkan, dimana semua keluarga berkumpul bercerita apa saja yang asik untuk diceritakan. Kadang kadang menceritakan tentang sejarah puyang puyang di zaman dahulu. Puas mendengar cerita tersebut Kami pun tertidur, menjelang subuh kami sering tarik- tarikkan selimut karena tidak tahan dengan udara yang sangat dingin , maklum di desa hutannya masih sangat lebat sehingga udaranya masih sangat dingin.

Suasana damai dan menghijau di pagi hari sangat terasa indah sekali. Gemercik air, suara burung burung yang berkicau dan siamang yang bersahut sahutan, masih akrab dengan telinga penduduknya. Mudah2an suasana ini masih akan terlihat dan terdengar oleh anak cucu penduduk desa setempat dikemudian hari. Smoga.





























































































































































1 komentar:

  1. oy mang lemak nian aku mbaco crito ngen ni
    syg nye dsun indramayu gale di poto
    ak nkahi poto dsun pdg bindu cume ade kinak.an jeramabah dikit nian
    nah cak pungen siarah tu la pucuk dusun pdang bindu


    aku ni jeme padang bindu mang
    hindu guk dusun
    nyubo hidup di tanah rantaw..

    trmo ksh mang cerito now iluk nian

    BalasHapus